Airlangga menjelaskan, program BSU ini ditujukan kepada pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan. Pernyataan ini disampaikan Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta.
BSU kan untuk mereka yang gajinya di bawah Rp3 sekian juta. Bukan (untuk kelas menengah),”
kata Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin, 9 November 2026.
Airlangga menuturkan, untuk kelas menengah pemerintah memberikan insentif kepada pekerja dengan penghasilan gaji maksimal Rp10 juta berupa Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 Ditanggung Pemerintah (DTP).
Iklan
Yang PPh DTP, PPH ditanggung pemerintah kan sampai gaji Rp10 juta,”
jelasnya.
Syarat Penerima BSU
Ilustrasi masyarakat saat mencairkan dana Bansos (Foto: Kemensos)
Adapun pemerintah menetapkan penyaluran BSU sebesar Rp900.000 untuk pekerja. Pekerja yang memenuhi persyaratan akan menerima bantuan sebesar Rp300.000 per bulan untuk periode tiga bulan.
Hal itu sudah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2026. BSU dibayarkan sekaligus dengan total Rp900.000 dan dijadwalkan disalurkan pada November–Desember 2026 melalui bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia. Pekerja juga tidak perlu mendaftar untuk mendapatkan BSU.
Untuk persyaratan penerima BSU 2026 meliputi warga negara Indonesia yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga Agustus 2026, serta menerima upah Rp3,5 juta per bulan atau sebesar upah minimum yang berlaku di wilayahnya.
BSU dikecualikan bagi anggota ASN, TNI, dan Polri. Sementara itu, pekerja yang tidak sedang menerima Program Keluarga Harapan (PKH) pada periode sebelum penyaluran BSU menjadi kelompok yang diprioritaskan.
Besaran upah yang menjadi dasar penentuan penerima mengacu pada upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat dalam data kepesertaan. Upah tersebut terdiri atas gaji pokok dan tunjangan tetap.
Sedangkan pekerja di daerah yang memiliki Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) lebih dari Rp3,5 juta, batas upah disesuaikan dengan UMK setempat yang dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu rupiah penuh.